Sabtu, 11 Juni 2016

Badminton Lovers, eh Badminton Players Lover..hahha

Bulutangkis.. 

Entah sejak kapan gw suka sama olahraga yang satu ini. Mungkin pas SD. Pas bokap suka nonton di tipi, akhirnya anak-anaknya ikutan nonton. Gw suka nonton, tapi kalau yang main ada pemain Indonesia nya, hehe.. Jadi kayaknya gw ga layak juga disebut badminton lovers alias pecinta bulutangkis. Mungkin gw bisa disebut sebagai pecinta pemain bulutangkis Indonesia, hahaha.. Seperti anak muda pada jamannya, saat lo mengidolakan sesuatu atau menyukai sesuatu, lo pasti bakal pengen jadi kayak gitu. Yap, gw juga begitu, dulu gw bercita-cita sebagai pemain bulutangkis. Gw pengen berkontribusi buat Indonesia lewat bulutangkis.Tapi cita-cita harus kandas tanpa usaha. Gw cuma pengen, tapi ga ikhtiar. Kenapa yah? Karna tau diri aja kali yak. Buat beli raket KW aja ga mampu, cuma bisa pake triplek buat jadi raketnya, hehe.. Tapi di jaman gw sih emang lagi tren raket dari triplek. Bunyinya lebih kerasa.. 

Yang bercita-cita jadi badminton player bukan cuma gw, ternyata adek-adek gw juga sama. Nah kalo mereka lumayan ada usahanya tuh. Mereka sering ikut lomba antar RT, dan adek gw jadi juara 1. Karna menang di tingkat RT, tadinya mau di ajak tanding di tingkat yang lebih tinggi, bukan RW atau Kelurahan, gw lupa tingkat apa, tapi syaratnya harus punya raket yang bagus. Lagi-lagi mentok masalah finansial, akhirnya ga jadi ikutan lomba, raket bagus harganya mahal. Dan akhirnya harus mengubur langkah mnuju kesana. Sebenernya sampe saat ini sih gw masih ada cita-cita, gw pengen salah satu anggota keluarga gw jadi badminton player, khususnya perempuan. Karena badminton player Indonesia perlu kebangkitan di perempuannya. Bukan berarti women badminton playersnya Indonesia jelek-jelek looh, tapi karena pemain kita masih kalah sama pemain China.

Saking cintanya gw sama badminton, ada dua hal yang gw ga bisa lupain pas jaman SMA. Pertama adalah pas gw baru masuk ke SMA tahun 2004. Tiba-tiba ada pengumuman kalau hari ini, tepatnya nanti sore pulang sekolah, SMA  kita diundang buat jadi penyambut rombongan tim nasional bulutangkis yang abis tanding Olimpiade di Yunani. Gw telat tau itu, udah banyak anak yang daftar dan kuota udah abis. Sediiih rasanyaa.. Sakiitnyaa tuh disini,, (Lebeeeehh!!!!:D). Tapi Allah punya rencana lain, salah satu temen gw yang udah daftar, ga bisa ikut. Eng ing eng, akhirnya gw masuk rombongan. Yess.. Waktu itu tempat penyambutan adalah di bandara Soekarno-Hatta. Dari sekolah disediain beberapa bis Damri untuk menuju kesana. Sesampainya di Bandara, udah banyak wartawan coy yang nunggu. Banyak banget malah. Rombongan bulutangkis Indonesia telat dateng, jadi lumayan nunggu lama kita. Lagi di tengah-tengah waktu nunggu, tau-tau ada sesosok wanita yang turun dari mobil dan langsung dikerubutin wartawan. Wanitu itu artis, Deswita Maharani, yang saat itu masih jadi pacarnya Taufik Hidayat, pemain bulutangkis yang berhasil dapet emas. Beberapa lama kemudian, tibalah rombongan bulutangkis RI. Gw agak lupa acaranya ngapain aja, yang gw inget waktu itu kita berdiri di lapangan kosong, trus ada pidato singkat, dilanjutkan keliling bersalaman, nyalamin para pemain yang abis tanding di Olimpiade Yunani. Seneng rasanya pada saat itu salaman sama idola-idola gw. Eh itu dulu yah, kalau sekarang sih sengefans-ngefansnya smaa Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan plus Lee Yong Dae, kalau ketemu pun gw ga mau salaman,,hahha... Bukan sombong, tapi bukan muhrim.. :) Setelah prosesi pengucapan salam dan selamat kepada rombongan Olimpiade Yunani, acara bubar, nah dsitu Taufik Hidayat lah yang jadi serbuan para wartawan. Sedangkan atlet yang lain mah santai-santai aja. Kebetulan gw liat Sony Dwi Kuncoro lagi nganggur, gw mulai deketin, trus minta salaman.. (alay banget gw saat itu :D). Oiya, kenapa SMA gw yang ditunjuk untuk nyambut rombongan Olimpiade, karna kebetulan, istrinya Agum Gumelar, adalah salah satu komite SMA gw. 

Yang kedua adalah saat wawancara beasiswa di SMA. Kebetulan saat itu ada program beasiswa dari para alumni SMA. Yang jadi sasarannya adalah murid berprestasi tapi ga mampu, dan kandidatnya adalah gw. Gw lupa yang rekomendasiin siapa, yang jelas guru disitu. *yaiyalaaaaah..masa guru luar :D    . Nah dalam wawancara itu, salah satu pertanyaannya adalah " Apa yang membuatmu bangga sama Indonesia?" dan gw menjawab "Bulutangkis". Haha.. ga tau kenapa gw bisa jawab begini, padahal gw denger kakak kelas gw yang juga diwawancara saat itu, jawabnya luar biasa. Dia bangga sama Indonesia karena punya beragam suku, budaya, bla bla bla.. Gw jawab bulutangkis, ya karna satu-satunya yang gw banggain dari negara gw yaa bulutangkisnya. Prestasi-prestasi atletnya lah yang membuat negara Indonesia ga dipandang sebelah mata. Karena prestasi-prestasi atet nya lah, Indonesia bisa berada jauh diatas negara-negara lainnya, saat itu. Dan jawaban gw inilah yang akhirnya membuat gw lolos seleksi beasiswa alumni, sedangkan kakak kelas gw yang itu ga dapet beasiswanya. Alhamdulillah.. 

Sampe saat ini pun gw masih antusias dengan apa-apa yang berhubungan sama bulutangkis. Dan gw kepikiran buat ambil judul penelitian tesis gw tentang bulutangkis. Mungkin gw ga bisa kontribusi langsung jadi pemain, tapi gw bisa berkontribusi melalui penelitian gw yang mungkin akan bermanfaat buat masa depan bulutangkis Indonesia. (beraaaat cuuuy,,hhehhe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar